Upaya Alih Status, IAKN Ambon Gelar Lomba English Competition

BERITAMALUKU.COM, Ambon – Upaya alih status menjadi Universitas Kristen Negeri (UKN) Ambon, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon menggelar lomba English Competition (ECON), di Gedung Rumah Moderasi IAKN Ambon, Selasa (23/4/2024) kemarin.

Wakil Rektor I, Prof. Dr. Ch. D. W. Sahertian, M.Pd, dalam sambutannya sekaligus buka acara, menjelaskan saat ini IAKN Ambon sedang berupaya untuk alih status menjadi UIN, tentu melalui kegiatan ECON menjadi salah satu sarana untuk mempromosikan kampus.

“Saat ini upaya IAKN untuk alih status menjadi Universitas Kristen Negeri Ambon, tentu membutuhkan upaya, salah satunya kegiatan ECON, menjadi sarana mempromosikan prodi yang baru saja dibuka di IAKN Ambon terutama prodi-prodi umum,” jelas Sahertian.

Sementara itu, Ketua Panitia, Nurlaila Tuanany menjelaskan, kegiatan ECON adalah kompetisi pertama yang diselenggarakan UPT Bahasa IAKN Ambon. Kegiatan yang dilakukan pada 23-24 April ini melibatkan siswa SMA dan SMK se-Kota Ambon serta mahasiswa di dalam dan di luar IAKN Ambon.

“Ada 14 sekolah yang terlibat atau mendaftar dalam kegiatan ini, selain anak sekolah ada juga mahasiswa di luar maupun dalam IAKN Ambon,” ujarnya.

Ia melanjutkan, kegiatan ini terdiri dari tiga mata lomba, diantaranya speech 45 peserta, storytelling 30 peserta dan vlog 20 peserta.

Juga didukung oleh Bahasa Basudara dan Bank Syariah Indonesia. Juri yang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari Bahasa Basudara, Praktisi Bahasa Inggris dan akademisi.

“Kami berharap kegiatan ECON ini semakin dikenal oleh publik dan dilanjutkan, sehingga menjadi annual event oleh UPT Bahasa IAKN Ambon dan menjadi agenda tahunan UPT bahasa,” harapnya.(*)

Komentar