Menteri Sosial Kunjungi 270 Pasien Operasi Katarak di RSUD Namlea-Pulau Buru

BERITAMALUKU.COM, Namlea – Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI) Tri Rismaharini melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Namlea, Kabupaten Buru, Maluku, Kamis (21/12/2023).

Dalam Kunker tersebut Mensos RI itu mengunjungi sejumlah lokasi, yakni kegiatan operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Namlea.

Pantauan berita-maluku.com di lokasi pukul 08.49 WIT, setelah tiba di RSUD Namlea Mensos RI Tri Rismaharini itu langsung mengunjungi pasien-pasien katarak dan melihat aktivitas pemeriksaan.

Pada kesempatan itu, dirinya menyampaikan, apabila ada pasien yang mengalami penyakit katarak cukup parah dan tidak bisa ditangani di RSUD Namlea, maka akan dirujuk ke Makassar untuk operasi.

“Apabila di sini (RSUD) tidak bisa tangani, kita akan kirim ke Makassar, semua biaya kita yang tanggung,” ujar Tri Rismaharini saat menemui salah satu pasien.

Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI) Tri Rismaharini kunjungi pasien katarak di RSUD Namlea, Kabupaten Buru, Maluku. Kamis (21/12/2023).

Diketahui, kurang lebih ada 270 calon pasien yang sudah terdaftar untuk mengikuti skrining pada 19 sampai 22 Desember 2023.

Skrining tersebut dibagi dalam tiga tahap, tahap I dilaksanakan pada 19 Desember, dengan jumlah calon pasien yang mengikuti skrining sebanyak 101 orang.

Untuk tahap II pada 20 Desember sebanyak 62 orang, dan berikutnya tahap III pada 21 Desember sebanyak 107 orang.

Calon pasien yang lolos mengikuti skrining pada Rabu 20 Desember, dan akan menjalani operasi sebanyak 78 orang.

Selanjutnya, pasien yang telah mengikuti operasi pada 20 Desember 2023 kemarin sebanyak 41 orang.

Dan ada 38 pasien yang akan menjalani operasi pada 21 Desember 2023.

Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI) Tri Rismaharini mengunjungi tempat penyulingan minyak kayuputih di Namlea, Kabupaten Buru, Maluku. Kamis (21/12/2023)

Kemudian, selain RSUD, Mensos RI Tri Rismaharini  mengunjungi salah satu tempat penyulingan (ketel) minyak kayuputih, di Pasar Baru, Kota Namlea.

Saat melakukan Kunker di Kabupaten Buru, Mensos RI Tri Rismaharini didampingi Penjabat Bupati Buru Djalaluddin Salampessy, Forkopimda diataranya Kapolres Pulau Buru AKBP Nur Rahman dan Dandim 1506/Namlea, Letkol Arh. Agus Nur Fujianto.

Serta, seluruh Pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Buru.(*)

Komentar