Pohon Besar Tumbang, Akses Jalan di Desa Basalale-Kabupaten Buru Lumpuh

BERITAMALUKU.COM, Namlea – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Buru, Maluku, pada Sabtu (2/3/2024) pukul 20:00 WIT, mengakibatkan pohon besar tumbang, hingga akses jalan dari Kecamatan Lolongguba-Waelata putus total.

Pantauan berita-maluku.com di lokasi pukul 23:30 WIT, sejumlah mobil damp truck tak dapat melintasi jalur dari Desa Basalale menuju Desa Parbulu, dikarenakan akses jalan tersebut masih tertutup dengan pohon besar.

Hingga saat ini, pohon tersebut belum bisa dievakuasi, karena pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buru belum berhasil menurunkan alat berat.

Diketahui, akses jalan yang ditutupi oleh pohon besar itu berstatus sebagai jalan provinsi, yang mana manjadi satu-satunya akses bagi semua kendaraan.

Dengan lumpuhnya akses tersebut, menyebabkan perputaran ekonomi sedikit terhambat, olehnya itu diharapakan, pohon tumbang secepatnya bisa dievakuasi.

“Kita cuman berharap pohon besar ini segera dievakuasi, karena mobil dump truck yang membawa logistik mau pun sembako tidak bisa lewat,” ujar salah satu Supir.

Senada dengan itu, seorang warga menambahkan, pohon besar itu tidak dapat dibersihkan dengan cara manual, terkecuali menggunakan mesin pemotong yang besar.

“Kalau ada mesin potong pasti sudah bisa dibersihkan, hanya saja belum ada, jadi kita cuman bersihkan semampunya kita saja,” ungkapnya.(*)

Komentar