Dekatkan Diri Dengan Masyarakat, Kapolsek Manipa-SBB Kunjingi 7 Desa di Kepulauan Manipa

BERITAMALUKU.COM, Piru – Sebagai bentuk silaturahmi, serta bertujuan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, Pelaksana Tugas (Plt) Kapolsek Manipa, IPDA Edwin Richardo Mangare mengunjungi tujuh desa di Kecamatan Kepulauan Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, pada Sabtu (2/3/2024) kemarin.

Diantaranya, Desa Luhutuban, Masahoi, Kelang Asaude, Tomalehu Timur, Tumalehu Barat, Buano Hatuputih dan Tuniwara.

Tak hanya itu, ia melakukan hal tersebut untuk menjaga, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kepulauan Manipa.

Kedatangan Kapolsek Manipa disambut dan diterima dengan baik oleh warga, terutama para toko masyarakat dari tujuh desa tersebut.

“Hari ini kami silahturahmi, kunjungan sekaligus patroli dialogis ke tujuh desa. Perkenalkan diri sebagai Plt Kapolsek Manipa, harapannya agar hubungan silahturahmi yang selama ini sudah dibangun dengan baik agar tetap dijaga dan lebih ditingkatkan lagi,” kata Mangare.

Mantan Kasubsi Penmas Sie Humas Polres SBB itu mengungkapkan, pemeliharaan Harkamtibmas di wilayah Manipa, tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada dukungan dan suport dari masyarakat. Karena pemeliharaan kamtibmas ini bukan menjadi tanggungjawab aparat keamanan sendiri, melainkan tanggungjawab seluruh elemen masyarakat. Sehingga, masyarakat punya peran yang sangat luar biasa untuk Harkamtibmas.

Perwira dengan satu balok itu menegaskan, Polsek Manipa akan tetap terbuka menerima saran serta masukan dari masyarakat di Kecamatan Kepulauan Manipa.

“Polisi hadir untuk melayani masyarakat untuk itu kami selalu terbuka dan siap menerima masukan, kritik dan saran, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk lebih meningkatkan Harkamtibmas agar tetap aman kondusif,” tegasnya.

Mangare mengaku, Polsek Manipa tidak bisa berhasil dalam menjaga Harkamtibmas apabila tidak ada campur tangan dari unsur Pemdes, Pemdus, tokoh agama, toko masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, serta masyarakat Manipa secara keseluruhan.

“Apalagi ini masih dalam suasana Pileg, kemudian sudah mau memasuki bulan suci Ramadhan, sehingga peran seluruh elemen sangat diutamakan,” pintah Mangare.

Dirinya juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluru masyarakat Manipa,  apabila terdapat proses pelayanan dari Polsek Manipa tidak maksimal.

“Kami perlu adanya masukan serta saran untuk sama-sama kami bisa benahi, agar pelayanan kepada masyarakat bisa efektif dan baik. Apabila ada persoalan Harkamtibmas di desa dan dusun segera berkoordinasi dengan petugas Bhabinkamatibmas yang sudah ada di desa. Polsek Manipa juga siap wujudkan program Basudara Manise di Kepulauan Manipa,” pungkasnya.(*)

Komentar