Pasca Banjir, Jalan Provinsi di Kabupaten Buru Rusak Parah

BERITAMALUKU.COM, Namlea – Sejumlah titik  ruas jalan provinsi di Kecamatan Lolongguba, Kabupaten Buru, Maluku, berlubang dan mengalami rusak parah.

Selain itu, lapisan aspal banyak yang terkelupas. Kondisi ini sangat membahayakan keselamatan pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat saat melintasi ruas jalan provinsi tersebut.

Pantauan berita-maluku.com di lapangan pukul 14:00 WIT, Minggu (7/7/2024). Sejumlah titik ruas jalan provinsi mengalami rusak, tepatnya di Desa Grandeng, Kecamatan Lolongguba menuju Desa Waelo, Kecamatan Waela.

Kerusakan jalan provinsi itu, akibat derasnya banjir dari luapan air Sungai Way Apu yang terjadi sejak sepekan lalu.

Paska banjir, terlihat sejumlah tumpukan aspal yang terkelupas dan pasir batu (sirtu) yang berada di badan ruas jalan provinsi tersebut.

Diketahui, jalan tersebut merupakan jalur utama bagi masyarakat dan para pengendara.

Karena mengalami kerusakan, perputaran ekonomi serta perjalanan menjadi terhambat.

Terkait hal itu, warga berharap pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Buru secepatnya membersihkan sisa-sisa tumpukan sirtu dan bongkahan aspal yang terkelupas, untuk menghindari terjadinya lakalantas di ruas jalan provinsi tersebut.

“Semoga pemerintah setempat dapat melihat kondisi yang ada, karena dengan keadaan seperti ini dapat memperlambat akses ekonomi di Kabupaten Buru,” kata salah satu warga, Abdul (29).

Ia juga berharap pihak Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Maluku bisa turun menijau jalan yang kerusakan, untuk segera diperbaiki.

“Kita berharap pihak PU Provinsi Maluku segera memperbaiki kerusakan jalan yang ada pasca banjir kemarin,” harapnya.(*)

Komentar