Peluncuran Tahapan Pilkada Buru 2024, Berikut Harapan Pj Bupati untuk KPU Buru

BERITAMALUKU.COM, Namlea – Penjabat Bupati Buru Syarif Hidayat diwakili Sekda Buru M. Ilyas Hamid berharap, tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Buru Tahun 2024 yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru berjalan kondusif, transparan, dan akuntabel, sehingga partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 meningkat, dan proses pelaksanaan Pilkada berjalan lancar serta menghasilkan pemimpin yang lebih baik untuk Kabupaten Buru.

Hal itu disampaikan M. Ilyas Hamid pada kegiatan Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buru Tahun 2024 di Lapang Pattimura, Namlea, Maluku, Sabtu (8/6/2024) malam.

“Semoga kegiatan peluncuran tahapan Pilkada ini menjadi momentum bagi semua pihak, baik sebagai penyelenggara maupun peserta Pilkada, untuk membangun konsolidasi dan koordinasi yang harmonis demi mewujudkan Pilkada yang demokratis berlandaskan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Sekda meminta kepada semua pihak, baik penyelenggara maupun peserta Pilkada, agar menaati semua ketentuan dan rambu-rambu yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan, baik KPU maupun Bawaslu dalam menjalankan harus berlandaskan pada asas Pemilu yang luber dan jurdil.

“Kami percaya di pundak bapak-ibu sekalian, Pilkada khususnya di Kabupaten Buru akan berjalan sukses dan lancar, agar dapat menghasilkan pemimpin yang mampu membawa perubahan bagi masyarakat Kabupaten Buru, masyarakat sejahtera, adil dan makmur,” ujar Hamid.

Dirinya menjelaskan, peluncuran tahapan Pilkada Kabupaten Buru 2024 merupakan kegiatan konsolidasi, agar masyarakat menjadi lebih peduli terhadap pesta demokrasi, karena dengan kolaborasi semua pihak, tentu angka partisipasi tetap terjaga, trennya terus naik, dan proses pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar serta menghasilkan pemimpin Kabupaten Buru ke depan yang lebih baik lagi.

Serta, tahapan Pilkada serentak Tahun 2024 diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

“Launching atau peluncuran kali Ini tentunya juga bertujuan untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat Maluku terkhusus masyarakat di Kabupaten Buru akan adanya Pilkada serentak¬† Selain itu kegiatan peluncuran juga menjadi wadah untuk konsolidasi dengan para penyelenggara Pilkada, ajang silaturahmi, komunikasi dan kerjasama antar instansi dan lembaga terkait yakni seluruh stakeholder untuk bersama memelihara keamanan dan ketertiban sehingga menciptakan suasana yang kondusif,” jelas Hamid.

Ia menyebutkan, partisipasi aktif dari semua pihak sangat penting untuk menentukan masa depan Kabupaten Buru. Maka dari itu, semua pihak diminta terlibat, termasuk masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pemilihan agar berjalan transparan dan akuntabel. Sehingga, ditemukan permasalahan segera diselesaikan sedini mungkin, agar kondusifitas tetap terjaga, seluruh stakeholder untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi guna lebih meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2024 yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

“Kami berharap semua saling berkoordinasi dan komunikasi dalam mensukseskan Pilkada serentak nanti, dan siapa nantinya dipilih masyarakat, itulah hasil terbaik yang akan memimpin Kabupaten Buru ini kedepan,” pungkasnya.(*)

Komentar