Pidato Perdana Pj Bupati Buru di Paripurna DPRD, Syarif Hidayat Sampaikan Sejumlah Program Prioritas

BERITAMALUKU.COM, Namlea – Penjabat Bupati Buru Syarif Hidayat menyampaikan pidato perdanya saat menghadiri rapat peripurna bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buru. Jumat (31/5/2024).

Rapat berlangsung di ruang paripurna kantor DPRD Buru, Namlea, Maluku itu dipimpin Ketua DPRD M. Rum Soplestuny, dan dihadiri sejumlah anggota DPRD.

Turut hadir, mantan Pj Bupati Buru Djalaluddin Salampessy, Sekda Buru Ilyas Hamid, Forkopimda Buru, para Kepala OPD di lingkup Pemda Buru.

Penjabat Bupati Buru Syarif Hidayat dalam pidato perdananya menyampaikan, tugas dan tanggungjawab yang diberikan kepadanya telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, ia menyampaikan delapan kebijakan prioritas yang harus dilaksanakan, di antaranya ; menjadi tugas utama adalah memfasilitasi persiapan dan dukungan terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Buru, serta menjaga netralitas ASN dan memastikan bahwa pelaksanaan Pilkada di daerah ini berjalan aman, sukses dan kondusif.

Memberikan penguatan terhadap birokrasi pemerintahan dan Sumber Daya Manusia (SDM) ASN untuk mendukung kebijakan daerah.

Menjaga stabilitas perekonomian daerah melalui program dan kebijakan pengendalian inflasi daerah.

Melaksanakan program dan kegiatan strategis dalam upaya percepatan program penurunan stunting dan gizi buruk di daerah.

Penguatan pemerintahan desa dalam pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang berkualitas dan tepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan desa.

Berikutnya, pengendalian inflasi daerah, serta penguatan ketahanan dan kedaulatan pangan berbasis pangan lokai, dan selajutnya kemudahan pelayanan publik, inovasi dan pemberdayaan UMKM.

Tidak hanya itu, Hidayat akan mendorong program prioritas daerah Tahun 2024, sesuai dengan arah kebijakan yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2022-2026, untuk mewujudkan visi RPJPD 2005-2025. Yang bertemakan “Terwujudnya Buru yang Maju, Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan”.

Yakni, pemantapan ekonomi menuju penguatan sektor produksi, pemenuhan pelayanan dasar dan penguatan SDM yang berkualitas, percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan infrastruktur, mitigasi bencana dan implementasi arah pemanfaatan ruang untuk lingkungan hidup berkualitas, tata kelola pemerintahan yang efisien dan efektif serta menjaga stabilitas politik, keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dirinya juga menegaskan, pentingnya menjaga sinergi di berbagai tingkat pemerintahan dan lembaga untuk mencapai tujuan bersama, agar semua kebijakan daerah berjalan dengan baik.

“Saya akan membangun koordinasi dan komunikasi yang harmonis dengan seluruh elemen daerah, baik dengan rekan-rekan Forkopimda, pimpinan instansi vertikal, BUMN/BUMD, dan unsur lainnya yang ada di daerah,” tegasnya.

“Hubungan yang baik juga akan saya bangun dan jalin dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, sehingga pembangunan yang dilaksanakan melibatkan semua elemen yang ada di daerah ini,” pungkasnya.(*)

Komentar