Aziz Hentihu Juara di Buru, Kalah Akumulasi dari Buru Selatan

BERITAMALUKU.COM, Namlea – Perjuangan Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Maluku, Aziz Hentihu dalam merebut kursi DPRD Provinsi Maluku untuk periode berikutnya akhirnya kandas. Meskipun dirinya mendapat perolehan suara terbanyak dari semua Caleg Provinsi Dapil Maluku 2 di Kabupatan Buru pada Pemilu 2024, yaitu 8.017 suara.

Namun, suara yang diperoleh Bakal Calon Bupati Buru itu masih kalah tipis dengan kaders internal PPP, Dali Fahrul Syarifudin.

Pasalnya, di Kabupaten Buru Dali hanya mendapat 7.180 suara di bawah Aziz, namun di Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Dali meraih 1.263 suara, sehingga menang akumulasi dan meloloskannya ke DPRD Provinsi Maluku.

Berikut data sementara hasil perolehan suara di Kabupaten Buru 5 besar, peraih suara tertinggi dari semua Caleg Parpol minus Kabupaten Buru Selatan berturut-turut adalah Aziz Hentihu (PPP) 8.017 suara, Ikram Umasugi (PKB) 7.304 suara, Dali Fahrul Syarifudin (PPP) 7.176 suara, Solihin Buton (PKS) 4.222 suara dan Gadis Umasugi (Golkar) 4.093 suara.

DPW PPP Maluku Pimpinan Aziz Hentihu sendiri sebelumnya diprediksi akan meloloskan dua anggota DPRD Maluku dari Dapil Maluku 2 Buru-Bursel pada Pemilu 2024, akan tetapi sampai dengan saat ini terkonfirmasi hanya loloskan 1 anggota DPRD Maluku. PPP saat ini bersaing dengan PDIP untuk menjadi pemenang Pemilu DPRD Provinsi Dapil Maluku 2 Buru-Buru Selatan dengan perolehan suara 20.196 suara.

Aziz Hentihu saat dihubungi wartawan membenarkan terkait hasil perolehan suara tersebut.

“Sebagai ketua Wilayah PPP Maluku, saya bersujud syukur kepada Allah SWT, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, organ partai dan tim yang telah bekerja penuh keikhlasan, tanpa kenal lelah mendukung dan mempercayakan PPP se-Maluku khususnya di Kabupaten Buru dalam pencapaian PPP pada Pileg 2024 ini. Saya juga senang di DPRD Kabupaten Buru sesuai amanat politik, saya ketika membuka Muscab PPP Buru di Namlea pada 2021 lalu, bahwa dari 3 kursi DPRD Buru saat ini, target kita adalah meloloskan 5 kursi DPRD Buru dan menjadi pemenang dengan merebut Kursi Ketua DPRD dan itu terbukti. Khusus untuk capaian di DPRD Provinsi Dapil Maluku 2 Buru-Buru Selatan kita juga melampaui suara dari Pemilu 2019 lalu yang 16. 664 suara menjadi 20.203 suara,” ucap Hentihu.

Ia menjelaskan, terkait dengan kursi DPRD Maluku yang ditempatinya saat ini, tentu sebagai pemimpin PPP di Maluku yang berasal dari Buru, dirinya lebih mengutamakan legacy politik yang baik untuk PPP, dan menjaga tradisi politik PPP untuk tetap loloskan anggota DPRD Maluku.

“Apabila saya lolos pun, regulasi mengharuskannya mundur bagi Caleg yang terpilih dan akan bertarung di Pilkada Buru. Jadi, siapapun yang terpilih, paling utama adalah PPP. Saya memimpin dan membangun PPP di Buru sebagai Ketua DPC Buru sejak Tahun 2005 atau Pasca Pemilu 2004 hingga Tahun 2020, kemudian menjadi Ketua Wilayah PPP Maluku hingga saat ini. Memulai memimpin DPC PPP Buru di Tahun 2005 pada saat PPP di Buru masih nol kursi, di Provinsi juga saat itu nol kursi dari Dapil Buru-Bursel, tentu dengan capaian saat ini saya senang dan bangga, terutama karena 4 kali Pemilu terakhir ini hasil suara dan kursi kita terus menanjak, hingga menjadi pemenang Pemilu 2024 di Kabupaten Buru dan meloloskan anggota DPRD Maluku asal Buru,” jelasnya.

Dirinya menegaskan, hal yang paling utama yaitu, dapat menyiapkan proses dan sirkulasi regenerasi kaders dengan baik di PPP Kabupaten Buru.

“Apabila Dali Fahrul Syarifudin yang lolos DPRD Maluku menggantikan saya, kemudian ada 5 anggota DPRD terpilih saat ini yaitu Bambang Langlangbuana, Hartini Wamnebo, Muid Wael, Barokah dan Hamid Banda. Mereka Adalah kaders terbaik yang menciptakan sejarah baru sebagai pemenang Pemilu 2024 dan merebut Ketua DPRD Kabupaten Buru  2024-2029. In syaa Allah setelah dilantik pada September 2024 nanti, saya yakin mereka semua akan siap mengabdi dan mampu menjalankan amanah publik dengan baik, selanjutnya setelah menang Pileg 2024 ini kita akan evaluasi hasil Pileg 2024 dan segera berbenah untuk target memenangkan Pilkada Buru 2024 pada November mendatang,” pungkasnya.(*)

Komentar