Puluhan Hektar Lahan di SBB Dilalap Si Jago Merah, ini Pesan Kapolres

BERITAMALUKU.COM, Piru – Sekitar 20 hektar lahan yang ditumbuhi ilalang dan pohon kayu putih di Dusun Hanunu dan Dusun Tita Mandiri, Desa Waesala, Kecamatan Huamual Belakang, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, dilahap si jago merah, Sabtu (30/9/2023).

Sehingga, personil gabungan dari Polsek Waisala, Polres SBB, Kodim 1513/ SBB dan dibantu masyarakat Desa Waisala, diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan kobaran api tersebut.

Kapolres SBB, AKBP Dennie Andreas Dharmawan mengungkapkan, kebakaran itu diduga ada yang membuang puntung rokok sembarangan.

“Diduga ada pengendara roda 2, 4 atau 6 yang sengaja membuang puntung rokok, hingga berakibat pada terbakarnya lahan tersebut. Mengingat saat ini musim panas dan terdapat banyak rumput ilalang kering terletak pada bahu jalan,” ungkap Kapolres.

Ia menyebutkan, kebakaran hutan dan lahan itu berlangsung sekitar beberapa jam hingga akhirnya dipadamkan.

“Proses pemadaman kurang lebih selama 4 jam, dan api berhasil dipadamkan. Pemadaman dilakukan menggunakan peralatan seadanya, dibantu dengan mobil pemadam kebakaran dan mobil water cannon,” ujarnya.

Kapolres mengaku, setelah wilayah tersebut padam sekitar 16.00 WIT, api kembali terlihat Dusun Airmerah, Desa Waisala.

“Setelah kebakaran di antara Dusun Hanunu dan Dusun Tita Mandiri, kini api terlihat lagi di Dusun Airmerah, dan sementara lagi dilakukan pemadaman. Dipastikan kebakaran tidak berlangsung lama,” terangnya.

Atas peristiwa itu, Kapolres mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok secara sembarangan, sebab bisa menimbulkan kebakaran hebat seperti yang terjadi di SBB belakangan ini.

“Mari kita jaga lingkungan kita. Jangan rusaki dengan cara-cara yang tidak baik, semisal membuang puntung rokok secara sembarangan,” pesan Kapolres.(*)

Komentar