Tuntut Perpanjangan Pembayaran SPP, Mahasiswa IAIN Ambon Demo Pihak Kampus, Bakar Ban & Boikot Bank

BERITAMALUKU.COM – Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon demo pihak kampus, terkait kebijakan pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang akan ditutup, pada Jumat (12/2/2023) besok.

Pasalnya, ada sebagian besar mahasiswa yang belum melakukan pembayaran SPP.

Sehingga mereka meminta agar waktu pembayaran SPP harus diperpanjang.

Aksi unjukrasa itu berlangsung di depan kantor Bank BTN kampus IAIN Ambon, Kamis, (16/02/2023).

Salah satu mahasiswa, Safariudin Rahanyamtel mengatakan, keterlambatan pembayaran SPP itu lantaran orang tua mereka merupakan keluarga dengan status ekonomi bawah.

“Hampir 70 persen mahasiswa yang belum bayar uang semester, karena sebagian besar mahasiswa yang kuliah di IAIN Ambon ini keluarga petani dan nelayan,” kata Safariudin dalam orasinya.

Mahasiswa bakar ban bekas saat demo, Kamis (16/2/2023).

Sebagai bentuk protes mahasiswa, mereka membakar ban bekas dan memboikot kantor Bank BTN.

“Kami memboikot Bank agar para petinggi lembaga bisa datang menemui kami di sini,” tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, M. Faqih Seknun, mengungkapkan pembayaran SPP akan ditutup besok.

“Pembayaran SPP besok baru ditutup, jadi kami belum bisa mengambil keputusan,” ujar Wakil Rektor III, saat menemui massa aksi.

Dirinya juga menghentikan paksa para massa aksi, karena dinilai sangat mengganggu aktivitas mahasiswa lain dengan memboikot kantor Bank tersebut.

“Kalau mau demo terserah, tapi yang membakar ban, apalagi mengganggu aktivitas mahasiswa lain dengan cara boikot Bank, itu tidak bagus,” ujarnya.(*)

Komentar