Aparat TNI-Polri Bantu Warga Kota Tual Bersihkan Bangunan Rusak Akibat Bentrok

BERITAMALUKU.COM – Aparat gabungan dari TNI-Polri telah dikerahkan membantu warga untuk membersihkan puing-puing bangunan rumah yang rusak, akibat bentrokan antar kelompok di Kompleks Yarler, Kelurahan Lodar El, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual, Maluku, Senin (6/2/2023).

Dandim 1503/ Tual Letkol Inf Kadek Muliarsa mengatakan, personil TNI yang dilibatkan yaitu, Kodim 1503/ Tual, Yonif 733/ Masariku dan Yonif 734/ SNS, bersama personel Polri melaksanakan bakti sosial membantu warga yang terdampak bentrokan.

“Sejak pagi tadi aparat gabungan TNI-Polri melakukan kegiatan bakti sosial, dengan membersihkan puing-puing serta atap rumah penduduk yang rusak akibat terbakar,” kata Letkol Inf Kadek Muliarsa.

Menurutnya, selain membersihkan puing-puing bangunan, Kodim 1503/Tual juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Karena, saat ini situasi di Kota Tual sudah mulai kondusif, sehingga masyarakat sudah bisa beraktivitas.

TNI-Polri tengah membersihkan rumah rusak di Kota Tual akibat bentrok.

“Sampai saat ini, kondisi kamtibmas pasca bentrok antar warga beberapa hari lalu sudah kondusif. Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan melaksanakan aktivitas seperti biasa,” harapnya.

Diketahui, konflik horizontal antar kelompok pemuda kembali terjadi di Kota Tual, Provinsi Maluku, Selasa (31/1/2023) malam.

Bentrokan kali ini terjadi dengan aksi saling lempar antara kelompok pemuda yang melibatkan pemuda Kompleks Banda Eli dan Kompleks Yarler, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual, sekitar pukul 22.00 WIT

Dalam bentrokan itu, kedua kelompok pemuda terlibat saling serang menggunakan batu, busur dan sejumlah alat tajam lainnya, sehingga berujung pada jatuhnya korban serta pembakaran rumah-rumah di Kompleks Yarler.

Sebelumnya, konflik antar warga kompleks Yarler dan warga kompleks Banda Eli, yang terjadi pada Jumat (27/1/2023) malam, pukul 23.40 WIT, di ruas jalan depan Pendopo Walikota Tual, menyebabkan sedikitnya satu rumah warga terbakar dan lainnya rusak berat, sedang dan ringan.(*)

Komentar