Jelang Nataru 2023, Kabupaten Buru Suplai 25 Ton Beras ke Kota Ambon

BERITAMALUKU.COM – Jelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Kabupaten Buru menyuplai 25 ton beras lokal ke Kota Ambon.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten Buru, Temok Karyadi, kepada wartawan, Senin (19/12/2022) kemarin.

“Iya, ada banyak, mulai dari beras dan cabai. Kita sudah kirim beras unit 25 ton dari Buru, pengirimannya sudah dari dua minggu terakhir, kalau harga beras sampai di Ambon sat kilo Rp 11 ribu, dan per karung ukuran 50 gram Rp 550 ribu,” ungkap Temok.

Salah satu pedagang di Pasar Impres Namlea tengah menjajakan dagangannya.

Dirinya menyebutkan, tidak hanya beras yang dikirim ke Ibu Kota Provinsi Maluku itu, namun ada kebutuhan pokok lainnya, seperti sayur-sayuran.

“Selain beras, ada juga sayur-sayur dan cabai kecil, namun jumlahnya kita tidak catat berapa banyak, serta bawang merah sedikit,” ucapnya.

“Kalau harganya tidak meningkat, karena sudah disetting, kalau harga meningkat nanti inflasi tinggi, jadi di Provinsi yang selesaikan, sekarang ini masih harga normal, sempat harga Rp 100 ribu. Tapi ada setting dari Provinsi sehingga jarga cabe kecil berkisar Rp 60 ribu per kilogram,” kata dia menambahkan.

Dirinya menjelaskan, pengiriman kebutuhan pokok tersebut tidak hanya dikirim ke Kota Ambon saja, namun ada juga yang dikirim ke Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

“Selain di Ambon, kita kirim juga ke Kabupaten Buru Selatan, dan saya berharap Kabupaten Buru terus meningkatkan produksi pangan terutama beras,” pungkasnya.(*)

Komentar