Cegah Stunting di SBB, Tim Kesehatan PKM Tanah Goyang Lakukan Imunisasi untuk Balita

BERITAMALUKU.COM, Piru – Petugas kesehatan Puskesmas Tanah Goyang melaksanakan imunisasi terhadap para balita di beberapa dusun yang di Desa Lokki, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, Sabtu (29/6/2024).

Kegiatan pos pelayanan terpadu (Posyandu) khusus itu dilaksanakan untuk pencegahan stunting.

Hal itu diungkapkan Kepala Puskesmas (Kapus) Tanah Goyang, Irmawan Marinda kepada berita-maluku.com, Sabtu sore.

“Hari ini kita melaksanakan Posyandu khusus untuk pencegahan stunting di SBB,” kata Marinda.

Menurutnya, kegiatan itu melibatkan sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) dan beberapa pihak lainnya yang ada di Desa Lokki.

Diantaranya, Puskesmas Pembantu (Pustu), Pondok Bersalin Desa (Polindes) yang ada di wilayah Puskesmas Tanah Goyang.

Serta, Pos Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dusun Jakarta Baru, kepala-kepala dusun, Bhabinkamtibmas Desa Lokki dan para Babinsa.

Dirinya menjelaskan, dalam pencegahan stunting, para nakes melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada balita, serta memberikan makanan tambahan.

“Hal yang kita lakukan saat ini yaitu melaksanakan imunasasi. Kemudian mengukur tinggi dan panjang badan, lingkar kepala, lingkar lengan atas, timbang berat badan, dan pemberian makanan tambahan untuk balita, mulai dari umur 0-5 tahun,” jelasnya.

Ia menyebutkan, Posyandu khusus ini sudah dilaksanakan sejak Jumat kemarin, sampai dengan hari ini, jadi sudah berjalan selama dua hari.

“Tadi ini kita melaksanakan imunisasi di tiga titik, yaitu di Dusun Ani, Dusun Tanah Goyang dan Desa Lokki, sebelumnya itu di Dusun Katapang, yang memilik dua lokasi Posyandu,” pungkasnya.(*)

Komentar