Ketua KPU Buru, Munir Soamole ; Kami Pastikan Seluruh Proses Pemilu Berjalan Aman dan Lancar

BERITAMALUKU.COM, Namlea – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru, Munir Soamole mengungkapkan, Pemilu 2024 di Kota berjuluk Bupolo itu berjalan aman dan lancar. Seluruh tahapan, mulai dari pencoblosan hingga penghitungan suara pada tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), tidak ditemukan pelanggaran apa pun.

“Sejauh ini kami belum mendapatkan laporan soal pelanggran Pemilu, sehingga kami memastikan seluruh proses rekapan di tingkat kecamatan berjalan aman dan lancar,” kata Soamole. Rabu (28/2/2024).

Dirinya menjelaskan, apabila ada dinamika dalam proses pleno di tingkat kecamatan itu merupakan hal biasa, karena banyak pihak yang terlibat dalam proses tersebut.

“Intinya semua dilakukan sudah sesuai dengan prosedur, apabila terdapat kekeliruan data maka akan ada perbaikan, namun itu nanti dilaksanakan saat pleno, terkait perbaikan dan penyusuain data dengan mengacu pada data C1 ataupun data dinding,” jelas Soamole.

Diketahui, proses pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara sementara masih berlangsung di beberapa kecamatan di Kabupaten Buru dan hampir selesai.

Untuk itu, secara regulatif pada ketentuan UU maupun peraturan KPU mengisyaratkan bahwa, jika penghitungan suara belum selesai maka tetap di lanjutkan secara maraton tanpa henti.

Soamole juga memastikan, tidak ada penghitungan suara yang lewat karena berpatokan pada ketentuan UU dan peraturan KPU.

“Kalau ada opini yang berkembang di luar, itu adalah bagian dari hak publik, dan kami memastikan semua tahapan Pemilu sesuai dengan prosedur dan mekanisme,” tegasnya.(*)

Komentar