16 Hari Jelang Pemilu 2024, Begini Persiapan KPU Buru

BERITAMALUKU.COM, Namlea – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru terus berupaya melakukan berbagai persiapan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Buru, Munir Soamole mengatakan, KPU Buru saat ini tengah mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan tahapan Pemilu 2024

“Sebagaimana kita ketahui, hari ini atau jelang H-17 berbagai macam kesiapan telah kami laksanakan, saat ini tengah dilakukan proses sortir dan pengesetan terhadap logistik Pemilu yang akan didistribusikan ke 82 desa atau 420 TPS yang ada di 10 kecamatan di Kabupaten Buru,” kata Soamole saat diwawancarai berita-maluku.com di kantor KPU Kabupaten Buru, Senin (29/1/2024).

Dirinya mengungkapkan, pengesetan yang dilakukan itu, berkaitan dengan alat-alat kelengkapan TPS, baik yang berada di dalam kotak maupun luar kotak.

“Untuk kelengkapan TPS rencananya akan didistribusikan paling lambat H-4 tau H-3,” ungkapnya.

Tak hanya itu, lanjut Soamole, pada 25 Januari 2024 kemarin melalui PPS, KPU Kabupaten Buru secara serentak melantik 2940 anggota KPPS yang akan bertugas di 420 TPS.

“Jadi, satu TPS itu ada 7 orang dikalikan 420 TPS, maka 2940 orang yang sudah kami lantik secara serentak, dan setelah dilantik langsung dilakukan bimbingan teknis (Bimtek) selama 3 hari,” ujar Ketua KPU.

Lanjutnya, KPU Buru juga melaksanakan pendampingan langsung pada saat proses Bimtek yang dilakukan secara berjenjang kepada 2940 KPPS tersebut.

“Pendampingan itu dilakukan semata-mata untuk mendapatkan satu penguatan kepada perangkat penyelenggara kami yang ada di desa-desa, supaya bisa memastikan mereka benar-benar siap untuk bekerja dan bertugas di TPS dalam rangka mensukseskan Pemilu 2024,” jelasnya.

Dirinya berharap, semua pihak atau stakholder dan seluruh anak bangsa di negeri berjuluk Bupolo ini untuk sama-sama, bersinergi dan saling membantu untuk mensukses tahapan Pemilu 2024 ini.

“Sekiranya apa yang telah dilakukan oleh kami (KPU) selaku penyelenggara Pemilu, mestinya mendapat dukungan dari semua stakholder yang ada di negeri ini, supaya prosesnya bisa berjalan lancar dan sukses, tanpa adanya gangguan-gangguan dan lain sebagainya,” harapnya.

Dirinya menyebutkan, sejauh ini komunikasi KPU Buru dengan pihak eksternal, baik itu Fokopimda, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan seluruh pemangkuh kepentingan yang ada di negeri ini, baik itu peserta Pemilu, partai politik dan Bawaslu cukup berjalan baik.

“Muda-mudahan dengan adanya kesadaran kita secara bersama-sama, dapat mendukung proses kegiatan tahapan ini bisa berjalan dengan baik dan sukses,” pungkas Soamole.(*)

Komentar