Penjabat Bupati Buru ; Peran Wartawan Sangat Penting Terhadap Perkembangan Pembangunan di Kabupaten Buru

BERITAMAUKU.COM, Buru – Penjabat Bupati Buru Djalaluddin Salampessy melalui Asisten III Setda Buru Arman Buton mengatakan, peran pers dalam pemerintahan sangat besar.

“Sebagai pilar keempat, kekuatan pers sangat luar biasa, karena dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat, untuk itu peran wartawan sangat berpengaruh terhadap perkembangan pembangunan khususnya di Kabupaten Buru, terutama perayaan dalam membangun bangsa melalui pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah,” kata Arman mewakili sambutan Pj Bupati Buru pada Pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Buru, di Aula kantor Bupati, Namlea, Maluku, Jumat (27/10/2023).

Dirinya meminta kepada seluruh insan pers, namun lebih dikhususkan kepada Pengurus PWI Kabupaten Buru periode 2023-2026, agar dapat bekersama dengan Pemkab Buru untuk berkomitmen dalam membangun Kabupaten bertajuk Bupolo ini.

“Pada kesempatan berbahagia ini, kami mengajak seluruh insan pers yang berada di Kabupaten Buru, agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen untuk berperan dalam membangun bangsa dan negara, sekaligus meningkatkan ketaatan wartawan khususnya PWI Buru, pada kode etik jurnalistik, citra, kredibilitas dan integritas wartawan,” pintahnya.

Ia mengungkapkan, dengan terbentuknya organisasi PWI sangatlah penting, untuk menjamin bahwa wartawan yang berada di bawah naungan PWI adalah wartawan yang benar-benar memahami kode etik jurnalistik, profesional, berkompeten serta dilindungi oleh undang-undang dan dewan pers.

“Kehadiran PWI hendaknya mengambil peran dalam memberikan edukasi serta pembinaan kepada wartawan, sehingga mereka memahami tentang aturan UU pers dan kode etik jurnalistik untuk kemudian menyuguhkan dan menyajikan informasi cerdas, berisi dan mendidik, dalam menyongsong industri disrupsi dan era milenial yang identik dengan sebutan 4.0, mengingat organisasi PWI merupakan salah satu sarana penyampaikan informasi, baik dari pemerintah ke masyarakat maupun sebaliknya di era transformasi media saat ini,” pungkasnya.

Sumbang saran, kata Arman, dari para tokoh dan insan pers terhadap kebijakan pemerintah daerah dinilai sangat berharga, untuk modal pembangunan Kabupaten Buru.

Karena budaya sumbang saran tersebut diharapkan mampu terus ditumbuh kembangkan secara santun dan bijak, demi masa depan bersama, untuk membangun negeri dan mensejahterakan masyarakat.

“Kepada pengurus PWI Kabupaten Buru periode 2023-2026 yang baru dilantik, kami ucapkan selamat atas pelantikan dan selamat melaksanakan tugas serta amanah yang telah diberikan,” harapnya.

Diketahui, pengurus PWI Kabupaten Buru periode 2023-2026 dilantik secara resmi oleh Ketua PWI Provinsi Maluku Alex Sariwating, pelantikan itu ditandai dengan penyerahan bendera petaka, oleh Ketua PWI Provinsi Maluku kepada Ketua PWI Kabupaten Buru.

Pengurus PWI Kabupaten Buru yang dilantik, diantaranya ; Ketua PWI Buru Asma Payapo, Wakil Ketua Bidang Organisasi M Syukur Ar Rusmanto Rada, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Muhammad Saiful Rania, Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Sabrin Kalidupa, Sekertaris Erens J. Tasidjawa, Bendahara Ferdian N. Fatah.

Kemudian, Seksi Wartawan Olahraga Sofyan Muhammadia Seksi Ekonomi dan Kesejahteraan Nuryani Bessy, Wartawan Pendidikan, Pariwisata, Seni Budaya Andi Papalia, Wartawan Hukum dan Keamanan Fajrin Nirwan S.Salawiwa, Wartawan Intrastruktur dan Migas Adam Suwedi, Wartawan Infrastruktur dan Perhubungan AM. Yusuf Warhangan.

Komentar