Hujan Deras, Jembatan Penghubung Antar Desa di Kabupaten Buru Ambruk

BERITAMALUKU.COM – Sebuah jembatan penghubung antar desa yang berlokasi di Desa Dava, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, Maluku ambruk setelah diguyur hujan deras, Kamis (11/5/2023) sore.

Akibatnya, akses lalu lintas terputus. Pasalnya, jembatan itu merupakan jalur utama masyarakat dari maupun menuju ke kota Namlea.

“Jembatan penghubung antara Desa Dava dan Dusun Wamsait ambruk, setelah diguyur hujan,” kata Kepala Desa (Kades) Dava, Rasyid Belen saat dikonfirmasi berita-maluku.com, Rabu malam.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, akan tetapi, aktivitas kendaraan dari dan menuju ke kota Namlea lumpuh total.

Di hari yang sama, selain ambruknya jembatan, ada puluhan rumah warga di Dusun Wamsait, Desa Dava, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, terendam banjir, dengan ketinggian air mencapai 20-50 cm. Rabu (10/5/2023) pukul 06:00 WIT.

Banjir terjadi akibat luapan sungai Waelata, karena tidak dapat menampung debit air setelah diguyur hujan berjam-jam.

“Saat ini terjadi banjir di Dusun Wamsait, dengan ketinggian air kurang lebih 50 cm. Banjir tersebut akibat hujan deras kurang lebih empat jam, sehingga mengakibatkan sungai Waelata meluap,” ucap Rasyid.(*)

Komentar