Satgas Damai Cartenz Brimob Polda Sulsel Berangkat ke Papua

Berita-Maluku — Satuan setingkat kompi (SSK) personel Sat Brimob Polda Sulsel akan melaksanakan tugas BKO Polda Papua dalam Satgas Damai Cartenz. Mereka resmi diberangkatkan pada Minggu, 4 Desember.
Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Heru Novianto memimpin langsung apel pelepasan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Dalam arahannya ia mengatakan bahwa penugasan ke Papua adalah kehormatan dan kebanggaan sebagai insan Bhayangkara Brimob.
“Laksanakan tugas disana dengan baik, jalin sinergitas dan soliditas dengan pihak TNI-Polri maupun pemerintah setempat dan jangan ada kesalapahaman serta lakukan koordinasi yang baik dengan cara patroli dan kegiatan bersama lainnya,” ucap Dansat.
Heru mengungkapkan, nantinya para personel Sat Brimob Polda Sulsel akan ditempatkan di wilayah Kabupaten Puncak Jaya dimana letak geografisnya berada di pegunungan. Ia meminta agar para personel disiplin dalan menjalankan tugas.
“Dan penting agar mereka juga meningkatkan kewaspadaan karena situasi di sana berbeda dengan tempat tugas yang lain,” tandas Heru.
Dalam penugasan 1 SSK personel Sat Brimob Polda Sulsel BKO Polda Papua ini terdiri dari personel gabungan dari Batalyon jajaran Sat Brimob Polda Sulsel. Salah satu diantaranya ada 31 personel dari Batalyon C Pelopor.
Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Kompol Nur Ichsan menjelaskan bahwa personel yang diberangkatkan ke Papua telah diseleksi dengan ketat baik kesehatan, fisik maupun mentalnya.
Selain itu, mereka juga telah dilatih selama satu bulan di Mako terkait tugas yang akan dihadapi disana dan hari ini diberangkatkan ke Satlat (Satuan Latihan) Korps Brimob Polri di Cikeas Bogor untuk mendapatkan latihan lagi.
“Mereka semua telah dilatih terkait kemampuan perorangan maupun satuan yang lebih intensif dalam latihan Pra Operasi selama 1 bulan sebelum berangkat ke Papua,” ujarnya.
Diketahui, sehari sebelumnya, Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana juga telah melepas personel BKO Polda Papua ini di Lapangan Mako Batalyon A Pelopor, Jalan Sultan Alauddin, Makassar.
Acara pelepasan tersebut dihadiri Pejabat Utama Polda Sulsel dan Pejabat Utama Sat Brimob Polda Sulsel serta keluarga personel yang akan melaksanakan tugas BKO Papua.(*)

Komentar