Puluhan Sekolah Terendam Banjir, Kadis PK Buru Pastikan Proses Belajar Mengajar Tetap Jalan, ini Alasannya

BERITAMALUKU.COM, Namlea – Puluhan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Buru, Maluku terendam banjir, akibat tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir, serta luapan sungai Way Apu.

Sekolah yang terendam banjir di antaranya, SDN 8 Waepo, SDN 13 Waelata, SDN 14 Lolongguba, SD Al-Hilal Tifu Migodo, SDN 4 Lolongguba, Madrasah Ibtidaiyah Grandeng, SDN 6 Lolongguba, SDN 5 Waelata, SDN 8 Waelata, SDN SP2 Debowae, dan SDN 1 Waelata.

Serta, SMP 52 Buru, TK Waegernangan, TK Pembina Mako, TK Tunas Bangsa, dan SMA 11 Grandeng.

Selain sekolah, banjir juga merendam ratusan rumah warga dan jalan penghubung antar desa.

Seperti yang terjadi di Desa Air Mendidi, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru, slh satu sekolah terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Kabupaten Buru, Dahlan Kabau, kepada berita-maluku.com, saat mengecek segala kerusakan yang terjadi pada sekolah PAUD, SD dan SMP di Kecamatan Waeapo, Waelata dan Lolongguba, Sabtu (6/7/2024).

“Mulai pagi pukul 08:00 WIT kita sudah melaksanakan peninjauan di beberapa tempat, terutama untuk kecamatan Waeapo. Ada beberapa sekolah yang tergenang air hampir sekitar 1 meter, dan kondisi itu masih tetap sama,” kata Dahlan.

Ia menyebutkan, ada satu lokasi yang lebih parah, yaitu Unit R, Desa Waeleman, karena tidak bisa dijangkau, sebab jalan masih tergenang banjir.

Sehingga jumlah kerusakan pada bangunan atau fasilitas pendidikan lainnya sampai sekarang belum bisa diketahui.

“Soal pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di tahun ajaran baru kita masih tetap berusaha keras untuk melakukan pembersihan, dan soal kerusakan akan diurus secepat mungkin,” ungkapnya.

“Sehingga proses belajar mengajar di tahun pelajaran ini tidak mengalami kendala, dan tetap berjalan. Karena saat ini juga masih dalam proses libur,” lanjutnya menambahkan.

Kemudian, pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Buru yang meninjau sekolah akibat banjir, di antaranya, kepla dinas pendidikan, sekertaris, Kasubag Perencanaan dan Kepala Seksi Kurikulum Pembinaan SMP.(*)

Komentar