Peringati Hari Lahir Pancasila, ini Pesan Kapolres Buru AKBP Sulastri Sukidjang

BERITAMALUKU.COM, Namlea – Kepolisian Resor (Polres) Buru melaksanakan upacara peringati Hari Lahir Pancasila di lapangan apel Polres Buru, Namlea, Kabupaten Buru, Maluku. Sabtu (1/6/2024).

Upacara bertemakan “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” itu dipimpin oleh Kapolres Buru AKBP Sulastri Sukidjang, dengan dihadiri Wakapolres Buru Kompol H. Akmil Djapa, Pejabat Utama, anggota dan ASN Polres Buru.

Peran Kapolres Buru bukan hanya sebagai pemimpin upacara, tetapi juga menjadi simbol kepemimpinan dalam menegakkan nilai-nilai pancasila.

Pasalnya, hari lahir pancasila merupakan momen penting bagi bangsa Indonesia, sebagai pengingat atas fondasi negara. Karena nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila menjadi pedoman bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Diketahui, upacara dimulai pukul 07.00 WIT, dengan pengibaran sang saka merah putih di hadapan para peserta.

Dalam amanatnya, Kapolres Buru mengungkapkan tentang pentingnya pancasila, karena sebagai dasar dan ideologi negara yang menyatukan bangsa Indonesia dengan segala perbedaannya.

“Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” kata Kapolres AKBP Sulastri Sukidjang.

Mengakhiri pidatonya, dirinya mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kita harus bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengalaman nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya.(*)

Komentar