Pembagian BLT Dana Desa Lokki Tahap ke-1 Tahun 2023 Belum Dilaksanakan, ini Penjelasan Penjabat Kepala Desa

BERITAMALUKU.COM – Penjabat Kepala Desa Lokki, Yohosoa Latusia mengungkapkan, pembagian bantuan dari pemerintah berupa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap satu Tahun 2023, untuk Desa Lokki, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, belum dapat dilaksanakan.

Pasalnya, tahapan pencairan anggaran belum dapat dilakukan, karena masih dalam proses pemeriksaan laporan keuangan oleh Inspektorat.

“Untuk BLT Desa itu belum cair, kita punya tahapan-tahapan pencairan ada sedikit berbeda, karena harus melalui proses review dari inspektorat terkait laporan keuangan, setelah itu dapat persetujuan baru ada pencairan,” kata Yohosoa Latusia kepada berita-maluku.com, saat dikonfirmasi, Rabu (17/5/2023) kemarin.

Dirinya menyebutkan, hingga kini belum ada pencairan anggaran apa-apa, kalaupun ada pencairan, maka pemerintah Desa Lokki akan membuat permintaan sesuai dengan penetapan APBDes, terkait kegiatan apa yang mau dijalankan lebih dulu.

“Untuk pencairan BLT saya belum tau, karena laporan keuangan semuanya sementara dibawa untuk verifikasi, saya tidak tau untuk penetapan BLT itu jadwalnya kapan,” pungkasnya.

Dia menjelaskan, ada tiga tahapan untuk pembagian BLT dalam setahun

“Untuk pembagian BLT dalam satu tahun itu tiga tahap, untuk pencairan tahap pertama itu tetap jalan, sesuai dengan pentahapan,” jelasnya.

Kemudian, kata Yohosoa, program yang mau dijalan dalam waktu dekat ini, berupa bantuan sosial (Bansos), tapi jadwal pelaksaan juga belum dipastikan kapan.

“Untuk pembagian Bansos, nama-nama penerima bantuan sudah dikirim, namun waktu pembagian belum dikofirmasi,” ucapnya.

“Desa cuman menfasilitasi tempat saja, sisanya itu dari kantor pos yang atur, baik untuk jadwal pembagian maupun proses pembagiannya seperti apa,” lanjut dia menambahkan.(*)

Komentar