Manfaatkan Lahan Tidur untuk Ketahanan Pangan, Kodim Namlea Kembali Memanen Sayur Mayur

BERITAMALUKU.COM – Kodim 1506/ Namlea menggelar panen sayur di lahan ketahanan pangan untuk kedua kalinya, Selasa (9/5/2023).

Kegiatan itu dipimpin oleh Perwira Seksi Teritorial Kodim 1506/ Namlea, Kapten Inf. Idris Leorima.

Hasil tanaman sayur mayur jenis kangkung itu berhasil dipanen dan dibagikan ke keluarga besar Kodim 1506/ Namlea, serta warga yang tinggal di seputaran perumahan Kodim.

Dandim 1506/ Namlea, Letkol Arh Agung Nur Fujianto, memberikan apresiasi kepada Perwira Seksi Teritorial dan para personel yang terlibat dalam mengelola lahan ketahanan pangan milik Kodim 1506/ Namlea, hingga dapat melaksanakan panen untuk kedua kalinya.

“Meskipun hasil panen tidak banyak, namun dengan dibagikannya hasil pertanian tersebut diharapkan dapat membantu atau mengurangi beban para warga, khususnya yang ada di sekitar Makodim 1506/ Namlea,” kata Letkol Arh Agung Nur Fujianto, Selasa pagi.

Selain membantu warga, kata Letkol Agung, kegiatan pola pertanian itu sebagai bentuk motivasi dan edukasi kepada warga, agar dapat mengolah lahan di sekitar tempat tinggal masing-masing.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu ibu rumah tangga dan mengedukasi warga agar dapat memanfaatkan lahan atau pekarangan rumah untuk diolah dan ditanami sayuran atau yang lainnya,” pungkasnya.

“Dengan adanya kegiatan pengolahan lahan itu, maka dengan sendirinya juga akan membawa dampak positif bagi kelangsungan perekonomian masyarakat,” ucap Dandim menambahkan.

Sebelumnya diberitakan, untuk mendukung pemerintah dalam ketahanan pangan, Kodim 1506/ Namlea memanfaatkan lahan tidur, agar dijadikan lahan yang produktif guna memberi contoh kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan kususnya di Kabupaten Buru.

Sehingga, lahan tidur di Kodim 1506/ Namlea itu ditanam berbagai macam jenis tanaman pangan, seperti kangkung, sawai, terong bayam, cabe rawit dan lainnya.

Hal itu merupakan bentuk dukungan nyata TNI dalam rangka mendukung pemerintah dalam hal ketahanan pangan, mulai dari tingkat pusat hingga wilayah.(*)

Komentar