Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polres SBB Terjunkan 105 Personil untuk Amankan Malam Takbiran

BERITAMALUKU.COM – Pihak Kepolisian Resor (Polres) Seram Bagian Barat (SBB) akan menerjunkan ratusan personel untuk amankan malam takbiran Idul Fitri di sejumlah lokasi di Kabupaten SBB, Maluku.

Kegiatan tersebut merupakan Operasi Ketupat, yang berlangsung di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Polda Maluku, khususnya Polres SBB.

“Operasi Ketupat ini akan berlangsung selama 14 hari, dimulai dari 18 April sampai 1 Mei 2023. Dalam operasi ini kita turunkan personil sekitar 105 personil,” ungkap Kapolres SBB AKBP Dennie Andreas Dharmawan kepada wartawan di Mapolres SBB, Selasa (18/04/2023) kemarin.

AKBP Dennie Andreas menjelaskan, operasi ketupat itu dilaksanakan agar pelaksanaan malam takbiran dan lebaran Idul Fitri berlangsung aman dari ganguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Serta, dibangun pos pelayanan dan pos pengamanan di sejumlah lokasi di Kabupaten SBB.

“Ada 5 Pos itu, terdapat 1 Pos pelayanan dan 4 Pos pengamanan. Pos pelayanan kita siapkan di pelabuhan Waipirit. Untuk 4 pos pengamanan kita sebar di perbatasan Latu dan Hualoy, tepatnya di Desa Tomalehu, Kota Piru, Kecamatan Huamual, dan Pulau Buano,” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, dalam operasi tersebut pihaknya dibeckup oleh TNI dan instansi dari Pemda SBB.

“Kami juga dibantu oleh Kodim 1513/ SBB, Brimob, untuk instansi dari Pemda ada Dishub, dan Satpol PP,” pungkasnya.

Kapolres Polres SBB itu juga mengimbau, masyarakat agar tetap menjaga Kamtibmas di Kabupaten bertajuk Saka Mese Nusa.

“Mari kita sama-sama menjaga situasi dan kondisi keamanan, sebab kondisi keamanan ini bukan menjadi tanggungjawab aparat keamanan semata, melainkan jadi tanggungjawab kita bersama, terlebih lagi masyarakat,” ujar AKBP Dennie Andreas.(*)

Komentar